Monday, March 1, 2021

6 Cara Mandiri Meredakan Gejala Vertigo

Posted by Indra Ramadhan on 6:02 PM with No comments

Rasa nyeri kepala tentu akan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Apalagi jika nyeri kepala yang dirasakan cukup hebat hingga membuat situasi sekeliling terasa berputar. Kondisi semacam ini disebut vertigo dan dibutuhkan penanganan yang tepat. Anda bisa mencoba meredakan gejala nyeri kepala yang terjadi dengan beberapa pilihan cara.

Meredakan Sakit Kepala

Saat mendapat serangan sakit kepala hebat, sebagian besar orang akan merasa panik. Sebaiknya tetaplah tenang dan terapkan 6 cara mandiri meredakan nyeri kepala berikut.

1. Tenang dan Tarik Napas
Langkah paling utama yang harus dilakukan adalah tetap berusaha tenang. Rasa sakit yang datang menyerang mungkin akan terasa begitu hebat. Kuncinya adalah jangan panik dan cobalah untuk menarik napas. Mengatur helaan napas bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Rasa panik justru akan membuat detak jantung semakin tak beraturan dan bisa memperparah gejala yang dirasakan.

Jika Anda dalam posisi berdiri saat sakit kepala menyerang, maka cobalah untuk duduk. Cari posisi duduk yang nyaman dan kalau memungkinkan Anda bisa berbaring. Tetap atur napas Anda setenang mungkin agar gejala yang dirasakan tidak begitu parah.

2. Pejamkan Mata
Saat serangan datang, cobalah untuk segera memejamkan mata. Membiarkan mata terpejam akan sangat membantu meringankan gejala yang dirasakan. Melihat sekeliling saat serangan datang justru akan membuat rasa pusing semakin hebat. Anda akan melihat lingkungan sekeliling berputar dan hal ini hanya akan membuat Anda merasa semakin panik.

3. Atur Posisi Tidur
Sebisa mungkin cobalah untuk mengambil posisi tidur saat serangan nyeri kepala terjadi. Posisi tidur yang bisa Anda ambil juga tidak sembarangan. Usahakan untuk tidak berbaring dalam posisi miring apalagi miring ke sisi kepala yang terasa sakit. Akan jauh lebih baik jika Anda berbaring terlentang. Posisikan kepala Anda lebih tinggi dari kaki dengan mengganjalnya memakai bantal atau guling.

4. Banyak Minum Air
Munculnya serangan vertigo juga bisa dipicu oleh kondisi dehidrasi. Tubuh bisa saja kekurangan cairan karena Anda malas minum air putih. Saat serangan terjadi cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak air.

Penuhi kebutuhan tubuh Anda terhadap air sehingga gejala yang dirasakan menjadi jauh lebih ringan. Jika sakit kepala sudah reda, pastikan untuk tetap meminum cukup air setiap hari.

5. Hindari Beraktivitas
Saat sakit kepala menyerang maka artinya Anda harus beristirahat. Jangan dulu beraktivitas untuk menghindari gejala yang jauh lebih parah. Tetaplah tenang dan beristirahat di tempat tidur hingga gejala yang dirasakan hilang. Selain dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, beristirahat juga akan memperkecil risiko terjadinya cedera karena beraktivitas saat sakit kepala.

6. Lakukan Brandt-Darof 
Anda juga bisa mengatasi serangan pusing ini dengan melakukan latihan Brandt-Daroff. Caranya mudah, Anda bisa langsung mengambil posisi duduk di pinggir tempat tidur. Pejamkan mata, miringkan tubuh ke sisi kiri atau kanan dengan tingkat kemiringan 45°. Tunggu 30 detik, lalu kembali posisi tegak selama 30 detik. Setelah itu miringkan kembali badan ke arah yang berlawanan dan tahan 30 detik.

Gerakan latihan ini sangat mudah untuk dilakukan. Demi mendapatkan hasil efektif, Anda bisa melakukan gerakan Brandt-Darof sebanyak 3 kali dalam 1 hari. Kebiasaan latihan ini bisa diterapkan selama 3 minggu dengan jumlah set latihan sesuai kemampuan.

Itulah tadi 6 cara mandiri mengatasi gejala vertigo. Kuncinya terletak pada ketenangan Anda dan kemauan untuk sembuh. Informasi lain mengenai penyakit ini bisa langsung didapatkan di layanan Halodoc. Halodoc akan menyediakan fasilitas lengkap bagi Anda yang membutuhkan informasi kesehatan. 
Categories:

0 comments:

Post a Comment