Saturday, January 4, 2020

Pengaruh Probiotik Lactobacillus pada Alergi Anak

Posted by Indra on 3:13 AM with No comments

Usia anak-anak memang sangat rentan akan serangan penyakit berbahaya. Hal ini dikarenakan sistem imun anak yang masih rendah. Dari berbagai penyakit yang sering diderita anak ialah alergi. Apa itu alergi?

Alergi atau biasa disebut hipersensitivitas tipe I merupakan suatu kegagalan sistem imun tubuh manusia yang mana orang tersebut lebih hipersensitif terhadap hal-hal yang imunogeni. Secara sederhana alergi ini adalah suatu keadaan dimana tubuh seseorang bereaksi secara berlebihan terhadap lingkungan sekitar yang dianggap berbahaya. Hal-hal yang dianggap berbahaya tersebut sering disebut sebagai alergen. Alergi ada banyak sekali jenis berdasarkan pada penyebabnya. Diantaranya adalah makanan, obat-obatan, udara, hingga debu.

Mencegah alergi dengan probiotik lactobacillus

Ada berbagai cara untuk mencegah alergi diantaranya adalah dengan probiotik. Probiotik merupakan suatu mikroorganisme yang hidup serta dianggap bermanfaat bagi organisme inangnya. Pemberian probiotik dengan kadar yang cukup akan memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan.

Probiotik ini memiliki peran utama untuk membantu sistem pencernaan serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya itu, probiotik ini juga berperan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Probiotik ini bisa Anda dapatkan secara alami di dalam tubuh namun, juga bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi makanan, minuman atau suplemen yang mengandung probiotik tinggi.

Salah satu jenis probiotik yang secara alami ada di dalam tubuh manusia adalah lactobacillus. Menurut para pakar kesehatan, ditemukan lebih dari 50 jenis bakteri lactobacillus di dalam tubuh manusia khususnya di bagian pencernaan, saluran kandung kemih, dan juga sistem genital. Meski begitu, Anda pun juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung probiotik lactobacillus untuk alergi pada anak. Diantaranya adalah yogurt, butter milk, froya, dan makanan hasil fermentasi lainnya. Selain bagus untuk mencegah alergi, lactobacillus ini juga bisa membantu meringankan diare.

Mengkonsumsi probiotik lactobacillus memang dianjurkan namun Anda perlu ingat bahwa mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan itu tidak baik. Sehingga Anda pun harus benar-benar memperhatikannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi bermanfaat terkait dengan kesehatan atau tips menarik lainnya Anda bisa mengakses Guesehat. Website kesehatan ini tidak perlu diragukan lagi lantaran telah direview langsung oleh pakar kesehatan terpercaya.

Selain itu, ada beberapa fitur menarik lainnya yang bisa Anda gunakan dengan hanya mengakses www.guesehat.com. Ayo coba kunjungi sekarang juga!

0 comments:

Post a Comment