Sunday, December 29, 2019

Kenali Tips Sederhana Mewujudkan Keluarga Bahagia

Posted by Indra Ramadhan on 6:14 AM with No comments

Keluarga bahagia dan hangat itu perlu kita ciptakan sendiri. Karena ikatan yang terjalin dalam keluarga mampu memberikan kehangatan yang lebih, entah itu pada sesama pasangan maupun anak. Bahkan penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu rahasia rumah tangga bahagia ialah terjalinnya persahabatan antara suami dan istri. Dari penelitian yang dilakukan Susan S. Hendrick ini sebanyak 44% responden mengaku pasangan adalah sahabat terbaiknya.

Ada juga penelitian lainnya yang dilakukan oleh seorang psikolog asal Amerika, Brooke C. Feeney dan Nancy L. Collins, bahwa pasangan yang romantis dapat meningkatkan kualitas individu. Hubungan yang romantis ini dapat menjadi perangkat dalam memperbaiki diri setiap pasangan. Dan sesuatu yang romantis ini dapat dimulai dengan jalinan persahabatan antara suami dan istri.

Tips Mewujudkan Keluarga Bahagia

Mewujudkan keluarga yang hangat dan bahagia biasanya tidak terlepas dari suasana pernikahan yang romantis. Namun, bukan berarti pernikahan tersebut tidak pernah mengalami jatuh bangun. Bagaimanapun konflik keluarga akan selalu terjadi bahkan diperlukan agar setiap pasangan dapat memperbaiki diri. Nah, situasi konflik ini pun dapat menjadi salah satu tips mewujudkan keluarga bahagia. Ada juga tips lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Mengenal Diri Sendiri dan Pasangan
Mengenali diri sendiri dan pasangan memang kunci utama sebuah keluarga mewujudkan kehangatan dan keharmonisan. Hal-hal yang penting dipahami di antaranya kesukaan, keanehan, harapan, dan impian masing-masing pasangan. Dengan saling mengenal secara lebih mendalam ini, tentunya setiap pasangan berupaya saling mengerti demi mewujudkan keluarga yang bahagia dan penuh cinta.

2. Komunikasi Efektif
Berkomunikasi efektif juga menjadi salah satu hal penting agar keluarga semakin harmonis. Dalam berkomunikasi ini setiap pasangan perlu berupaya berefleksi tentang pengalaman dibandingkan saling menggurui satu sama lain. Rasa empati juga mungkin sudah sepatutnya ditumbuhkan daripada menolak perasaan dan membesarkan gengsi. Semua hal yang terasa mengganjal dalam diri patut dibicarakan daripada saling menginterogasi.

3. Bermain dan Humor
Menjalankan fungsi keluarga itu tidak melulu harus serius sepanjang waktu. Karena terkadang bermain dan humor yang efektif mampu meluluhkan ketegangan antara pasangan. Suasana pun akan terlihat lebih positif dan pasangan akan merasa dihargai satu sama lain. Oleh sebab itu, menyempatkan waktu bermain-main dan bercanda tidak ada salahnya asalkan disesuaikan dengan waktunya.

4. Memberikan Perhatian dan Dukungan
Semua pasangan sudah pasti ingin diperhatikan dan diberikan dukungan. Kalau bisa antara suami dan istri memberikan perhatian dan dukungan satu sama lain. Dukungannya pun tidak hanya secara fisik, melainkan melalui chatting juga mampu memberikan semangat baru kepada pasangannya. Hal ini pun perlu diterapkan kepada anak-anak yang tentunya selalu membutuhkan perhatian dan dukungan orang tua.

Demikianlah tips sederhana mewujudkan keluarga bahagia. Selintas tips di atas terlihat mudah, karena sesuatu yang memang dilakukan sehari-hari. Namun, terkadang bagi sebagian orang tips di atas sulit dilakukan karena gengsi yang berlebihan. Sehingga dia lebih memilih menunggu pasangannya memberikan itu semua dengan sukarela. Padahal tidak ada salahnya jika salah satu pasangan meminta duluan.

Bagaimanapun juga suasana harmonis di dalam sebuah keluarga harus diwujudkan, agar anak-anak bahagia tumbuh di dalam keluarga yang menyayanginya setulus hati. Anak-anak juga akan mereplikasi kehangatan keluarga ini nanti jika ia sudah mengenal dunia luar. Dalam hal ini, membangun keharmonisan keluarga berarti mengajarkan anak bersikap empati pada lingkungannya. Semoga kalian semua menjadi keluarga harmonis nan bahagia.

Categories: , ,

0 comments:

Post a Comment