Wednesday, December 18, 2019

Cara Jitu Mengatasi Konstipasi Pasca Melahirkan

Posted by Indra on 5:35 PM with No comments

Konstipasi atau sembelit pasca melahirkan merupakan salah satu masalah yang kerap muncul. Terlebih, jika proses melahirkan Anda melalui operasi caesar. Terdapat beberapa aktivitas yang bisa mencegah hal tersebut terjadi. Dalam situasi normal, Anda bisa mengantisipasinya dengan mengkonsumsi Lacidofil. Lacidofil berkhasiat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Lacidodil juga kerap digunakan untuk mengatasi sembelit dan diare.

Klik https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-box untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Lacidofil. Jika Anda memilih untuk tidak mengkonsumsi obat atau menyertainya dengan beberapa aktivitas, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi dan mengantisipasi sembelit.

1. Konsumsi Makanan Kaya Serat
Kombinasi sayuran dan buah-buahan kaya serat adalah makanan yang sangat Anda butuhkan.

2. Konsumsi Makanan Kaya Zat Besi
Pasca melahirkan, Anda membutuhkan asupan nutrisi yang tepat. Jika terjadi konstipasi, Anda bisa mengkonsumsi suplemen dengan kandungan zat besi atau lebih baik makanan yang kaya zat besi, diantaranya daging ayam, daging merah, kacang polong, dan sayuran berdaun gelap.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Anda bisa mengkombinasikan air putih hangat dengan perasan lemon. Selain kombinasi keduanya, Anda bisa menggantinya dengan meminum teh. Pastikan jangan terlalu asam dan hindari mengkonsumsi minuman dingin. Perbanyak juga mengkonsumsi air mineral.

4. Istirahat Cukup dan Hindari Stres
Anda pasti sibuk mencurahkan perhatian pada sang buah hati. Jangan sampai Anda melupakan diri Anda sendiri. Istirahatlah dan mintalah bantuan pasangan atau kerabat untuk merawat anak. Selain itu hindari stres dan beragam hal yang dapat membebani pikiran Anda. Kondisikan tubuh dan pikiran serileks mungkin.

5. Bergeraklah
Anda tentu tidak direkomendasikan untuk bergerak bebas apalagi berolahraga keras. Selain karena kondisi fisik Anda yang masih lemah, terlalu aktif bergerak dapat berdampak buruk pada luka bekas operasi. Bergeraklah yang wajar karena berdiam terlalu lama bisa jadi merupakan alasan Anda mengalami konstipasi, bahkan kesulitan membuang angin dan perut menjadi kembung.

Berdiet dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat dapat membuat Anda terhindar dari konstipasi. Selain itu, Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Selain mengkonsumsi makanan yang tepat, hindari juga makanan-makanan yang membuat perut tidak nyaman, diantaranya minuman bersoda, minuman berkafein, sayuran bergas (kol, brokoli, dll), gorengan dan makanan berminyak lain, serta minuman beralkohol.

0 comments:

Post a Comment