Sunday, December 15, 2019

7 Tips Mengembangkan Usaha Restoran Anda

Posted by Indra on 5:19 AM with No comments

Bisnis makanan salah satunya dengan membuka restoran semakin meningkat terkait dengan pangsa pasar yang terbuka luas. Hal tersebut menyebabkan persaingan semakin ketat. Mau tidak mau Anda dituntut untuk meningkatkan kualitas agar restoran berkembang. Ada beberapa faktor pendukung yang bisa Anda lakukan sendiri maupun menggunakan alat bantu seperti software restoran.

Tips Mengembangkan Restoran

Bisnis restoran memiliki tantangan yang cukup kompetitif. Bisnis ini mempunyai serangkaian proses yang tidak sedikit. Untuk itu, Anda memerlukan strategi yang tepat jika ingin bertahan. Berikut adalah tips yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis restoran.

1. Software Restoran
Mengembangkan bisnis makanan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan software restoran. Perangkat ini akan membantu Anda dalam memantau keberlangsungan restoran tanpa harus terjun langsung. Begitu pula mengakses informasi-informasi yang bersangkutan lainnya. Software ini dioperasikan melalui tablet berbasis windows dan database restoran 3.0 dengan PostgreSQL.

2. Konsep Unik
Mempunyai ciri khas akan membuat restoran Anda mudah diingat oleh konsumen. Selain menyajikan makanan unik baik dari segi cita rasa maupun penyajian. Dekorasi restoran yang beda dari yang lain akan menarik minat konsumen. Tema unik ini bisa Anda sesuaikan dengan nama restoran Anda. Dengan demikian, saat mendengar nama restoran, ekspektasi pengunjung tidak akan meleset.

Dekorasi yang berkesan akan membuat pengunjung betah berlama-lama di restoran. Selain menggugah selera makan, juga berpotensi menarik mereka untuk datang kembali.

3. Branding
Branding menjadi salah satu faktor penting dalam mengembangkan restoran. Anda perlu menentukan fokus makanan apa yang akan dijual. Penyeragaman makanan akan membantu konsumen gampang mengingat-ingat restoran Anda. Hal ini juga yang akan membentuk ciri khas restoran. Perlu Anda ketahui, terlalu banyak pilihan menu justru akan membuat konsumen bingung dalam memilih. Fokus pada beberapa menu makanan saja akan membantu Anda dalam menjaga kualitas.

4. Jaga Kualitas
Kualitas makanan yang Anda jual, dari segi cita rasa maupun kebersihan akan sangat berpengaruh menarik konsumen. Untuk produk yang sama, pembeli tentu akan memilih makanan yang rasanya lebih enak.

Kualitas makanan Anda dapat berbanding lurus dengan harganya. Tidak perlu ragu memberi harga sesuai kualitas makanan dengan catatan konsisten. Konsisten dalam menjaga kualitas akan menarik konsumen untuk menjadi pelanggan setia Anda.

5. Lokasi Strategis
Carilah lokasi yang strategis untuk membuka restoran, misalnya dekat jalan raya ataupun daerah yang ramai dilewati oleh masyarakat. Akan percuma jika Anda menjual makanan yang enak dengan dekorasi unik. Akan tetapi susah dijangkau oleh konsumen.

6. Pembukuan Rapi
Faktor lain yang harus Anda lakukan dalam berbisnis restoran adalah melakukan pembukuan. Segala perputaran uang yang terjadi harus dicatat. Hal ini penting agar Anda dapat memantau pemasukan maupun pengeluaran. Dengan demikian Anda dapat mengatur strategi jika mengalami penurunan maupun kenaikan pendapatan. Maka, pisahkan pembukuan pribadi dengan pembukuan bisnis. Agar perhitungan yang Anda lakukan tepat.

7. Izin Usaha
Sebelum memulai bisnis ini, pastikan Anda telah mengantongi surat izin maupun membayar pajak kepada pihak yang berwajib. Mengurus perizinan dari menteri kesehatan maupun sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin memulai bisnis restoran. Usaha sekecil apapun tetap membutuhkan pertimbangan agar sukses nantinya. Berbagai faktor di atas baik yang bisa dilakukan sendiri maupun menggunakan alat bantu seperti software restoran dapat menjadi salah satu referensi Anda.
Categories:

0 comments:

Post a Comment