Monday, October 14, 2019

Gejala Dan Definisi Meningitis

Posted by Indra on 7:58 PM with No comments

Sudah kenalkah anda dengan radang selaput otak yang mempunyai nama lain yaitu meningitis. Definisi dari meningitis sendiri lebih jelasnya adalah radang selaput di sekitr otak dan sumsum tulang belakang atau meninges. Penaykit ini paling disebabkan oleh virus, namun dari beberapa kasus dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur. Beberapa Gejala penyakit meningitis yang khas radang selaput otak termasuk sakit kepalam demam, dan leher kaku (kaku kuduk). Meskipun beberapa kasus bisa sembuh dalam beberapa minggu, pada beberapa kasus lain dapat mengancam jiwa bahkan kematian. Jika Anda merasa Anda atau keluarha anda memiliki meningitis ada baiknya segera konsultasi dengan dokter. Penyakit meniongitis ini terjadi tidak mengenal uysia. Namun, paling sering menyerang orang –orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemag seperti anak-anak, orang tua dan orang dengan HIV/AIDS

Tanda tanda penyakit meningitis 

Tanda tanda dari gejala meningitis ini adalah.

  1. Perubahan kondisi mental seperti kebingungan, linglung
  2. Demam dan mengigil, terutama pada bayi baru lahir dan anak-anak
  3. Mual dan muntah
  4. Sensitif terhadar cahaya silau (photophobia)
  5. Sakit kepala yang parah
  6. Sering pingsan 
  7. Leher kaku pada saat duduk.
Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak tertulis diatas, Jika anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu. Konsultasikanlah dengan dokter Anda. 

Meningitis bisa bisa sembuh tanpa pengobatan, namun meningitis bateri bisa menjadi serius dan berkembang sangat cepat dan membutuhkan pengobatn antibiotic yang cepat untuk meningkatkan resiko kerusakan otak permanan dan efek berbahaya permanen lainnya. Masih belum ad acara untuk mengetahui apa jenis radang selaput otak tanpa konsultasi ke dokter. 

Penyebab paling umum dari meningitis sudah disebutkan diatas adalah virus. Dengan penyebaba lain yang termasuk bakteri, jamur, parasite, bahan kimia, obat obatab dab tumor. Jika penyebab meningitis dari bakteri, hal ini bisa mnyebar melalui penapasan dan sekresi tenggorokan seperti batuk dan juga berciuman, melindungi diri dengan menjaga kebersihan sangat penting dilakukan. Jika infeski disebabkan oleh virus, beberapa jenis virus penyebab meningitis bisa dari virus influenza, herpes simplebx dan lain-lain. 

Faktor Resiko 

Faktor-faktor tertentu yang bisa meningkatkan resiko Anda mengalami penyakit meningitis sendiri adalah. 

  • Sebagian besar kasus meningitis akibat virus terjadi pada anak berusia lebih muda 5 tahun
  • Tidak vaksin meningitis 
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Orang yang baru saja menjalani transplantasi sumsum tulang
  • Memiliki riwayat penyakit diabetes 
Pilihan pengobatan meningitis

Pengobatan untuk meningitis tergantung dari pada penyebabnya. Untuk infeksi virus, dokter akan mengobati gejala dan menunggu untuk infeksi untuk sembuh dengan sendirinya, Untuk infeksi bakteri, pasien mungkin harus rawat inap di rumah sakit supaya lebih terpantau dokter dan juga perawat. 

Pengobatan biasa termasuk terapi antibiotik melalui infus, meminum banyak cairan dan juga beristirahat, Antibiotik digunakan untuk mengobati bakteri radang selaput otak, Antibiotik tidak dapat mengobati meningitis viral, Obat antivirus dapat diberikan kepada orang-orang dnegan meningitis dan herpes. Dokter akan membuat diagnosis dengan mencari bakteri dalam sampel cairan tulang belakang. Dokter mendapatkan cairan dengan melakukan pungsi lumbal. Sebuah jarum dimasukan ke bagian punggung bawah di mana cairan dalam kanal tulang belakang dapat diambil Dokter juga dapat melakukan tes darah juga rontgen pada otak. Pencegahan pada penyakit ini adalah dengan rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan agar dapat menghindari paparan agen infeksi.
Categories:

0 comments:

Post a Comment