Sunday, March 31, 2019

7 Cara Meminimalisir Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Mobil

Posted by Indra on 8:56 AM with No comments
Merawat kendaraan merupakan sebuah kewajiban yang dilakukan pemilik, baik itu motor maupun mobil. Jika kamu tidak tahu menahu tentang bagian mesin motor maupun mobil sebaiknya bawa ke bengkel terpercaya yang sudah menjadi langganan. Untuk cara merawatnya pun tidak boleh kamu anggap remeh apalagi pada mobil. Selain tujuan agar nyaman ketika berkendara, memelihara kualitas mesin agar tetap awet dan nggak rewel itu merupakan hal penting. Kali ini kami akan membahas tentang apa saja yang perlu dirawat secara berkala pada mobil. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Perawatan pada aki
Sumber : Apritos

Aki merupakan sumber daya pada mobil yang sangat penting, karena tanpa adanya mesin, mobil tidak akan bisa hidup dan berjalan. Yang harus kamu lakukan ketika merawat aki mobil yaitu, periksalah level air serta cek voltase pada aki mobil kamu.

2. Periksa Oli
Sumber : Ombro

Oli menjadi faktor terpenting yang dapat menunjang performa yang dihasilkan mesin. Sebaiknya kondisi oli mobil kamu tetap selalu terjaga dan wajib untuk memeriksanya. Jika sampai mesin mobil kehabisan pelumas atau oli, maka hal tersebut akan merusak piston pada mobil. Cara mengecek apakah oli sudah perlu diganti atau belum sangatlah mudah, yakni jika pada kilometer sudah memasuki angka 5000-10.000 km, kamu wajib untuk segera menggantinya.

3. Memeriksa air radiator
Sumber : Camargus

Selanjutnya yang harus kamu periksa dan sangat penting untuk diperhatikan yaitu Air radiator. Karena air radiator ini mencegah agar mesin tidak overheating dan menjadi dingin. Kamu dapat melakukan pemeriksaan pada volume air radiator dengan menggantinya jika air sudah kusam atau memadat.

4. Memeriksa mesin kendaraan 
Sumber : OTomart

Sebagai pengguna sekaligus pemilik kendaraan yang tidak tahu menahu tentang dunia permesinan. Sebaiknya jangan sekali-kali melakukan percobaan untuk memperbaikinya karena akan berakibat fatal. Lebih baik kamu bawa mobilmu ke bengkel untuk melakukan konsultasi pada montir yang lebih berpengalaman.

5. Antena Mobil
Sumber : Tribunjabar

Hal ini mungkin banyak diremehkan para pemilik mobil. Ketika kamu sedang mencuci mobil alangkah baiknya mengeringkan semua bagian body terutama pada bagian antena radio mobil. Karena jika sampai rusak kamu tidak dapat menghidupkan radio di mobilmu.

6. Lampu Mobil
Sumber : Medcom

Ini merupakan hal terpenting pada semua kendaraan, karena lampu merupakan alat bantu ketika sedang melakukan perjalanan di tempat gelap. Untuk menjaganya agar bisa menyala maksimal kamu perlu memperhatikan ke dua hal yakni mika dan kelistrikan. Mika pada lampu mobil tua, akan menimbulkan warna kusam sehingga menghambat pancaran cahaya lampu menjadi kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh cuaca yang dapat memicu tumbuhnya jamur. Untuk menghilangkan efek kusam pada bagian luar headlamp kamu tinggal mengolesnya dengan wax khusus untuk menghilangkan kusam pada lampu. Tetapi jika yang kusam bagian dalam sebaiknya bawa mobilmu ke bengkel terdekat karena perlu di bongkar.


7. Memeriksa bagian kaki-kaki mobil
Sumber : liputan6

Selanjutnya bagian yang harus kamu periksa pada mobil yaitu pada bagian kaki-kaki terutama di sasis, suspensi, kampas rem, dan juga pada ban. Dari situ kamu akan mengetahui kondisi fisik beberapa bagian yang ada sehingga perlu dilakukan perawatan maupun perbaikan. 

Ketika melakukan perawatan mobil dengan beberapa hal diatas, tentunya kamu akan menjaga performa mesin serta kualitas kendaraanmu. Selain itu juga beberapa hal diatas dapat meminimalisir kerusakan yang sering terjadi pada mobil.
Selamat mencoba sob!


Categories:

0 comments:

Post a Comment