Friday, February 8, 2019

7 Jenis Kerja part time untuk Para Mahasiswa

Posted by Indra on 8:39 AM with No comments

Kerja part time menjadi alternatif terbaik bagi kamu yang ingin memanfaatkan waktu luang sekaligus ingin mendapat penghasilan tambahan. Apa lagi kini banyak sekali perusahaan yang memberikan kesempatan bagi insan muda untuk melakoni part time job ini. Jenis pekerjaannya sendiri terkadang tidak perlu ijazah, bahkan ada yang bisa kamu lakukan dari rumah.

Kenapa kerja part time sangat cocok untuk mahasiswa? Hal ini karena mahasiswa mempunyai jam belajar yang fleksibel. Selain itu, menjalani kerja paruh waktu ini bisa menjadi proses mengembangkan keterampilan manajemen waktu yang baik. Pada era milenial ini banyak sekali part time job yang bertebaran dan dapat kamu manfaatkan.

Lantas apa saja jenis pekerjaan paruh waktu yang dapat dijadikan pilihan untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa? Berikut ulasannya.

1. Barista
Barista sangat cocok bagi kamu yang pecinta kopi dan hobi meracik kopi. Apalagi di era milenial ini banyak kafe yang menjadikan kopi sebagai menu andalannya. Barista biasanya dibayar dalam hitungan jam, namun jadwalnya bisa disesuaikan dengan kuliah kamu.

Gaji yang didapat barista biasanya sesuai dengan UMP (Upah Minimum Wilayah) masing-masing wilayah. Semakin lihai seorang barista, maka semakin tinggi pula gaji yang akan ia dapatkan.
2. Guru les 
Menjadi guru les bukan hal yang sulit. Banyak lembaga bimbingan belajar tersebar di tiap kota, dari SD sampai SMA. Waktu mengajar pun sudah melalui perjanjian sehingga tidak akan mengganggu jadwal kuliah kamu.
3. Penulis lepas
Banyak perusahaan yang membuka lowongan part time job sebagai penulis lepas. Biasanya perusahaan-perusahaan ini bergerak di bidang berita dan periklanan. Makin maraknya lowongan penulis lepsas dikarenakan masyarakat milenial lebih suka mencari informasi lewat internet daripada repot-repot mencarinya di buku. Akibatnya tidak heran banyak perusahaan yang gencar-gencarnya merekrut pekerjaan ini. Upahnya juga lumayan.
4. Penerjemah
Menjadi penerjemah merupakan kesempatan buat kamu yang pandai berbahasa asing. Ada banyak konten berbahasa asing yang dibutuhkan masyarakat membuat banyak perusahaan mencari penerjemah untuk mengartikannya.
Bekerja part time sebagai penerjemah di perusahaan penerbitan buku juga patut dipertimbangkan. Tak jarang upah yang didapat bisa digunakan sebagai baiaya hidup selama satu bulan.
5. Ilustrator
Bagi kamu yang suka menggambar, kamu bisa menjajal pekerjaan ini. Pekerjaan ini sangat fleksibel, bisa kamu lakukan di kos atau di rumah. Sama seperti penerjemah, ilustrator bisa juga bekerja di perusahaan penerbitan. Upah yang didapat bisa juga untuk biaya hidup sebulan lamanya. Lumayan kan?
6. Ojek online
Menjadi driver ojek online bisa jadi pilihan. Keuntungan yang bisa kamu peroleh selain upah yang tinggi yakni dapat asuransi dan bisa juga dapat uang tip dari penumpang.
7. Penyiar radio 
Kalau kamu punya kemampuan public speaking yang bagus, maka penyiar radio cocok banget buat kamu jadikan pilihan kerja part time. Lingkungan kerja penyiar radio juga friendly bagi mahasiswa. Jadi penyiar radio bisa jadi langkah awal kamu untuk diundang jadi MC di event-event seru lainnya.
Dalam mencari kerja part time yang paling penting ialah bagaimana kamu melihat peluang yang ada dan memanfaatkannya dengan keahlian yang kamu miliki. Selain uang jajan bertambah, pengalaman dan relasi yang kamu dapatkan semakin banyak. Relasi yang luas tentu berpengaruh pada kehidupanmu selepas kuliah, kamu jadi lebih siap bekerja. Akan tetapi jangan lupa, walaupun kamu bekerja, tetaplah ingat bahwa pendidikan yang paling utama!
Categories:

0 comments:

Post a Comment