Friday, January 25, 2019

Pakai Handbody di Wajah, Apakah Aman?

Posted by Indra on 8:55 PM with No comments

Masalah pada kulit wajah memang tiada hentinya. Mulai dari kusam, jerawat, kering hingga perpaduan ketiganya. Berbagai macam produk yang tersedia di pasaran kadang tidak mampu menghilangkan gangguan tersebut. Terkadang, sebagian wanita lebih memilih pakai handbody di wajah dengan berbagai alasan yang berbeda. Lalu apakah tindakan ini aman dilakukan?

Perbedaan Kulit Wajah dan Kulit Tubuh 

Pada dasarnya, kulit tubuh serta kulit wajah mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda. Jika kulit tubuh memiliki tebal sekitar 0,6 mm, maka kulit wajah hanya mempunyai tebal sekitar 0,2 mm saja. Dengan berbedaan yang cukup mencolok ini maka tidak heran apabila kulit wajah cenderung lebih sensitif dan dan lebih tipis. 

Di samping perbedaan ketebalan ini, kulit tubuh juga cenderung lebih kering jika dibandingkan dengan kulit wajah. Oleh karena itu produk body lotion haruslah dibuat dengan formulasi yang lebih kompleks karena alasan tersebut. Jika kandungan kompleks yang ada pada body lotion tersebut diaplikasikan pada wajah, maka pori-pori wajah akan tersumbat.  

Kandungan Sebum Pada Wajah

Sebum termasuk lemak alami yang dihasilkan oleh kulit wajah untuk melembapkan kulit serta menangkal bakteri jahat serta kotoran yang berhasil hinggap pada wajah. Tingkat produksi minyak yang tinggi pada kulit wajah dapat berakibat pada tingginya risiko kerusakan kulit apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Oleh karena itu kulit wajah membutuhkan produk yang cenderung lembut dan ringan agar kondisinya tetap terjaga. Di samping itu, kulit wajah yang berada di atas cenderung lebih banyak terkena sinar matahari dibandingkan dengan kulit tubuh. Sehingga kandungan SPF di dalamnya harus tinggi, sedangkan produk lotion biasanya mengandung SPF yang lebih rendah.   

Akibat Pakai Handbody di Wajah

Berikut dampak yang ditimbulkan jika Anda terpaksa memakai handbody dengan berbagai alasan. Pertama, tersumbatnya pori-pori. Hal ini terjadi karena produk body lotion cenderung lebih kompleks dan tidak sesuai dengan ukuran pori-pori kulit wajah.

Dampak kedua yang bisa timbul adalah terbentuknya jerawat pada wajah Anda. Dengan tersumbatnya pori-pori pada wajah Anda membuat kotoran yang berada di dalamnya tidak bisa keluar dan lama-kalamaan dapat menimbulkan jerawat. 

Selain itu, risiko lain yang mungkin bisa terjadi adalah gatal-gatal karena alergi. Wewangian serta pewarna yang terdapat pada produk body lotion tidak sesuai dengan pH kulit. Sehingga bisa menimbulkan reaksi alergi berupa wajah kemerahan atau pun gatal-gatal.

Karena kulit tubuh cenderung lebih kering, maka produk body lotion pun dibuat dengan bahan pelembap yang disesuaikan. Namun tidak hanya membantu melembapkan wajah, produk body lotion ini justru bisa menimbulkan produksi minyak berlebih karena kandungan pelembap di dalamnya.  

Tindakan spontanitas wanita pakai handbody di wajah karena sudah lelah dengan beragam perawatan yang tidak membuahkan hasil ataupun karena keadaan kepepet tetap tidak dibenarkan. Karena hal tersebut akan berdampak pada kesehatan kuliat wajah Anda sendiri. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar kecantikan silahkan kunjungi orami.co.id.

Categories:

0 comments:

Post a Comment