Saturday, December 29, 2018

Keuntungan Besar Samsung Lewat Produksi Layar Nya

Posted by Indra on 6:21 AM with No comments
Samsung merupakan peringkat pertama soal pangsa pasar smartphone secara global. Namun tak bisa dimungkiri, dari berbagai laporan yang masuk seperti dari IDC, disebut bahwa pangsa pasar dari raksasa teknologi Korea Selatan tersebut turun hingga 13 persen di tahun 2018.

Hal ini masih ditambah dengan lini papan tengah Samsung yang tidak terlalu baik penjualannya. Soal ini, kami sudah membahasnya di artikel Kalahnya Samsung di Arena Smartphone Papan Tengah yang bisa Anda baca dengan mengklik tautannya.

Meski demikian, Samsung sama sekali jauh dari kata pailit. Kondisi finansial Samsung justru dalam keadaan sangat baik. Pasalnya, produk utama Samsung tentu bukan smartphone, melainkan prosesor dan memori, Televisi, serta yang paling utama yakni panel layar.

Karena jika Anda menggunakan smartphone berlayar OLED, kemungkinan besar layar tersebut buatan Samsung meski smartphone Anda bukan. Melansir Phone Arena, 93,3 persen smartphone berpanel OLED yang ada di dunia, dibuat oleh Samsung. Dengan ini, di 2018 saja, Samsung mengantongi pemasukan 58,4 persen keuntungan layar dari seluruh smartphone di dunia.

Hal ini ternyata juga ditolong oleh popularitas LCD yang makin turun. Sangat sedikit perangkat papan atas yang masih menggunakan LCD, dengan hanya 38,9 persen dari keseluruhan smartphone di 2018 hingga kuartal ketiga.

Sementara itu, pabrikan LCD akhirnya mulai tergoda untuk mencoba mengembangkan OLED. Nama seperti LG (yang sempat dirumorkan untuk membuat layar iPhone XS), Sharp, serta pabrikan layar asal China BOE, telah mengembangkan teknologi OLED. Namun sayangnya dominasi Samsung akan sulit terpatahkan, karena inovasi OLED telah dikembangkan Samsung dalam waktu yang cukup lama.

Berapa Harga Satu Keping Layar OLED?
mari kita bahas soal iPhone, karena sejak era iPhone X dan kini iPhone XS dan XS Max, panel layar OLED di tiga iPhone tersebut dipasok dari Samsung.

Melansir laporan Wall Street Journal yang memuat analisis dari Counterpoint Technology Market Research tahun lalu, Samsung sebagai pemasok OLED eksklusif akan menerima 110 dollar untuk tiap iPhone X atau iPhone XS/XS Max yang terjual. Bahkan tak cuma layar, Samsung juga memasok chip memori untuk iPhone.

Jadi, jika penjualan iPhone tersebut meledak, diperkirakan sumber pemasukan dari Apple ini adalah salah satu pemasukan terbesar Samsung.

Counterpoint memperkirakan kalau dalam kurun waktu dua tahun Apple menjual 130 juta unit iPhone OLED, Samsung akan menerima 4 milyar dollar lebih banyak uang ketimbang pemasukan Samsung sendiri memperoduksi satu generasi Samsung Galaxy S. Padahal, Samsung hanya bertugas memproduksi layar dan memori saja.
Categories:

0 comments:

Post a Comment