Monday, December 31, 2018

Cara Mengenali Ikan Yang Segar Saat Berbelanja Di Pasar

Posted by Indra on 12:55 AM with No comments
Ikan jadi bahan yang mudah didapat dan diolah. Apalagi jadi menu bakar enak saat pesta pergantian tahun. Rasa daging ikan yang gurih lembut bisa puaskan seluruh selera anggota keluarga. Tapi, perhatikan cara Mengenali Ikan Yang Segar Saat Berbelanja Di Pasar Sebagai Berikut.

1. Mata Ikan
Ikan yang masih segar biasanya punya bola mata yang masih jernih. Serta memiliki pupil hitam yang mengembung keluar, mirip seperti ikan ketika masih hidup. "Ikan segar matanya bening. Kalau sudah berawan dan tak bening, bisa dipastikan kalau ikan itu sudah tak segar," jelas Chef Archie Prameswara pada detikFood.

Lebih lanjut Chef Archie menambahkan untuk memperhatikan kedua mata ikan dengan baik. Sebab di pasar, biasanya sang pedagang meletakkan ikan dalam posisi tertidur di satu sisi. Mata di bagian sisi itu biasanya masih terlihat bening. Tapi di sisi lainnya justru sebaliknya.

2. Insang ikan 
"Perhatikan insang ikan dan warna rongga insang ikannya. Pastikan insang ikan masih utuh dan berwarna merah. Warnanya merah darah dan nggak berlendir. Itu artinya, ikan itu baru mati hari itu juga, " tutur chef Javara kitchen itu.

Warna insang yang hitam menandakan kalau ikan sudah didiamkan selama beberapa hari di udara terbuka. Untuk menyiasatinya, para penjual ikan biasanya membuang insang ikan tak segar itu. Jadi, kalau ada ikan yang sudah dibersihkan insangnya oleh sang penjual, Anda patut curiga kalau ikan itu sudah tak segar.

3. Sirip ikan
Sirip dan ekor ikan bisa jadi penentu kualitas ikan yang akan dibeli. Pilih ikan yang punya sirip dan ekor yang utuh. 

Kalau Anda menemukan sirip dan ekor yang sudah patah, atau tidak lengkap artinya ikan tersebut tidak disimpan dengan baik. Bahkan disimpan di tempat yang tidak seharusnya, sehingga sirip dan ekor ikan rusak.

4. Dagingnya
Lewat daging ikan, tingkat kesegaran ikan juga bisa terlihat jelas. Coba tekan bagian tubuh ikan. Kemudian perhatikan bagian daging yang Anda tekan tadi. Kalau dagingnya tetap di tempat Anda tekan, berarti ikan itu sudah tak segar. Sebaliknya, jika dagingnya kembali menyumbul ke tempat semula, ikan itu masuk kategori segar.

Categories:

0 comments:

Post a Comment